Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

About

Di beli dibeli dibeli


Mari Borong Yukkk!!

Resume Artikel

http://www.ziddu.com/download/18703354/1115111129.doc.html.

Sumber : http://dedew-ofthinkingabout.blogspot.com/2010/01/mengenal-myob-accounting-pengertian.html


Myob Accounting

            MYOB Accounting adalah solusi manajemen bisnis yang lengkap dan otomatis dan bagus untuk diterapkan di akuntansi perusahaan Anda dengan mudah, persediaan dan daftar kontak pelanggan. Fleksibel dan mudah digunakan untuk di adaptasikan ke proses bisnis.
Memiliki Fitur :
♠  Accounts : daftar akun, buku besar, jurnal, multi job, multi category, anggaran
Banking : rekening bank, pengeluaran kas, penerimaan kas, rekonsiliasi bank, cetak formulir pengeluaran kas dan penerimaan kas, laporan kas flow
Sales : Quotation, Order, Invoice, cetak faktur, cetak faktur pajak, cetak surat jalan, retur penjualan, penerimaan kas dari pelanggan, analisa laporan penjualan berdasarkan penjual, barang (item), pelanggan, sumber informasi dan lainnya.
Purchases : Quoatation, Order, Receive Item, Bill, cetak PO, retur pembelian, pengeluaran kas untuk membayar utang pemasok, analisa pembelian berdasarkan barang, supplier, sumber informasi pembelian lainya.
Inventory : persediaan barang, mutasi stock, penyesuaian barang (harga dan kuantitas), auto build (membuat item otomatis), stock opname.
Card File : daftar piutang (customer), utang (supplier), employee dan personal. Menampung juga laporan tentang daftar umur utang dan piutang
Single User : hanya bisa digunakan oleh 1 user saja yang log in di satu database yang sama
Single Currency : hanya bisa digunakan untuk mencatat satu mata uang
Send to Excel
Send to PDF
Send to html
Company Data Auditor
Import transaksi data master lainnya dari TXT, XLS, CSV dll
Export transaksi dan data master lainnya ke XLS, html, PDF, TXT, CSV dll.
System Requirements
Installation
200MHz Intel Pentium® processor (or equivalent) with 64MB RAM
Windows® 7 (SG version), Windows® 2000, Windows XP or Windows Vista
200MB of hard disk space
16-bit colour, 1024×768 screen resolution
CD-Rom Drive
Windows-compatible printer
Windows-compatible mouse or pointing device
Backups:
To facilitate effective backups, a CD backup or a removable drive solution recommended.
Some features require
Internet access
Microsoft® Internet Explorer 5.5
QuickTime®
Microsoft Office connection requires:
Microsoft Word version 8 to 2007
Microsoft Excel version 8 to 2007


MENGENAL MYOB ACCOUNTING

      Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOB Accounting versi 15 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama, yaitu pemasukkan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca, laba
rugi dan sebagainya.
Membuat Data Perusahaan pada MYOB,Langkah – langkah yang harus dilakukan :
Klik tombol start > Pilih all program> MYOB Accounting v15 > MYOB Accounting v15 Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses
·    Open, untukmembuka data MYOB yang telah ada 
·    Create, untuk membuat data perusahaan baru 
·    Explore, untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan 
·    What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi 12 ini
·    Exit, untuk mengakhiri program MYOB
Klik tombol create new company file, klik next 
Klik company information lalu masukkan data perusahaan. Setelah itu klik next
Lalu masukkan periode akuntansi, dan klik next bila sudah selesai 
Klik tombol save. Klik next 
Selanjutnya akan tampil informasi proses telah selesai.

MYOB Accounting.
Mengakhiri Program MYOB Accounting v 15
Untuk mengakhiri anda ikuti langkah sebagai berikut:
Klik file > Exit
Kotak dialog konfirmasi akan tmapil, klik tombol yes 
MYOB akan menampilkan kotak informasi lagi, kemudian tandai option backup all data
dan check company file for errors, klik tombol continue 
Kotak konfirmasi MYOB accounting ditampilkan, yang memberitahukan bahwa tidak
terjadi kesalahan dalam data anda. Klik ok 
Kotak dialog backup ditampilkan, ketik nama file absolute pada kotak file name, klik save
Proses backup dilakukan setelah selesai aplikasi MYOB accounting akan langsung tertutup.

CARA PEMBUATAN PERUSAHAAN BARU 
            Setelah anda membuat file data baru, langkah berikutnya adalah memasukkan data-data dasar dan mengaturnya sehingga sesuai dengan sistem kerja yang ingin diterapkan. Beberapa data dasar utama yang harus disiapkan adalah Daftar Perkiraan (Chart of Accounts), Daftar Pelanggan, Supplier dan Karyawan serta Daftar Item/Barang.
Untuk mempersiapkan data dasar secara baik, anda perlu mengetahui field-field data yang diperlukan untuk setiap jenis data, dan cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan ekspor data melalui menu File > Export Data > …. , dengan cara ini anda akan mendapatkan struktur data dalam format Text File. Untuk mempermudah penyusunan, buka Text File menggunakan aplikasi spreadsheet, misalnya MS Excel.
Chart of Accounts / Daftar Perkiraan
Tidak seluruh field data tersebut kita butuhkan dalam proses persiapan data dasar, pada data daftar perkiraan (CoA), field/kolom yang anda perlukan, antara lain :
Account Number, Kolom ini merupakan Key Field untuk data daftar perkiraan, berisi no. perkiraan yang terdiri dari 5 (lima) angka, dengan angka pertama menunjukkan kelompok perkiraan yang diwakilinya. 
Account Name, Kolom Nama Perkiraan 
Cheque Privileges, Untuk perkiraan Kas/Bank berikan huruf C, sehingga perkiraan tersebut akan muncul dalam daftar pilihan perkiraan penerima/ sumber pembayaran
Untuk daftar perkiraan yang menyertakan perkiraan dalam mata uang asing, anda perlu menambahkan minimal kedua field di bawah ini :
Currency Code, menunjukkan kode mata uang.
Exchange Account, menunjukkan perkiraan penyeimbang nilai tukar (akan dijelaskan pada manual implementasi selanjutnya).
Pada data daftar perkiraan di atas field Account Number merupakan Key Field. Field ini harus mempunyai data (Required Field) dan MYOB akan menggunakan data pada kolom ini sebagai pedoman dalam proses impor data. Anda tidak boleh mempunyai data yang sama pada field/kolom ini pada baris data yang berbeda (data pada kolom ini harus unik). Perbaikan pada key field tidak dapat dilakukan melalui proses impor, anda harus melakukannya secara manual pada program MYOB.
Daftar Karyawan
Data berikutnya yang perlu anda siapkan adalah daftar karyawan, minimal daftar wiraniaga/ salesman, yang akan digunakan dalam penyusunan daftar pelanggan, memiliki field (Key Field):
Last Name, Nama Keluarga / Belakang Karyawan. 
Bila anda memerlukan filter untuk melakukan pengelompokkan data, sehingga anda bisa melakukan analisa maupun membuat laporan secara lebih rinci,anda dapat menggunakan kolom :
1.  Custom List 1 sampai 3, digunakan untuk menampung data yang akan digunakan sebagai filter dalam pembuatan laporan dan analisa. Misalnya : Departemen, Group Penjualan, (Spons, Spring), Wilayah pemasaran, dll.
2. Identifiers, Selain menggunakan custom list, anda dapat menggunakan identifier sebagai filter dalam pelaporan dan analisa
            Contohnya bila anda mengisikan AF pada field identifiers seorang karyawan penjualan / salesman, dan A misalnya mewakili produk Elektronik, dan F mewakili area Bandung Utara, maka salesman masuk dalam kelompok Salesman barang elektronik untuk area Bandung Utara. Dalam pembuatan pelaporan anda dapat menggunakan salah satu huruf (Mis. Laporan penjualan Barang Elektronik), atau menggunakan kedua huruf (Mis. Laporan penjualan Barang Elektronik di Bandung Utara), anda dapat menggunakan banyak identifiers pada satu data karyawan (max 26).
            Kedua field/kolom dibawah ini bisa ditambahkan :
·   First Name, bila anda perlu memisahkan nama depan dan nama keluarga
·   Card ID, bila anda menggunakan nomor atau kode karyawan
Last Name dan Card ID pada data karyawan ini adalah conditional field, sehingga untuk dapat melakukan impor, MYOB mewajibkan salah satu field berisi data, atau proses impor akan tidak dapat berjalan.

Daftar Pelanggan
            Pada daftar pelanggan anda mempunyai conditonal fields yang sama dengan daftar karyawan, yaitu Co./Last Name dan Card ID, dan biasanya field Co./Last Name yang selalu berisi data. Struktur data yang biasa disiapkan adalah sbb:
·    Card ID, Kode Pelanggan, bila diperlukan
·    Co./Last Name, Nama perusahaan atau nama perseorangan, sebaiknya berformat
Nama, PT. atau Nama, Toko
·   Addr 1 – Line 1, Alamat Pelanggan, baris 1
·   Addr 1 – Line 2,3,4, Alamat Pelanggan, baris 2,3,4 bila diperlukan
· City, State, Phone #1, Postcode, dll, adalah kelengkapan data lain yang bisa anda tambahkan bila diperlukan.

Seperti  halnya pada data karyawan, anda dapat membuat filter pelaporan dan analisa melalui :
·  Custom List 1 – 3, mis. Wilayah, Jenis Pelanggan, dll., sehingga anda dapat membuat Laporan penjualan, dll. per Wilayah, atau Analisa per Wilayah, dll.
·  Identifiers, sama seperti pada data karyawan
· Salesperson, Nama salesman untuk pelanggan bersangkutan. Dengan adanya data ini anda dapat melakukan filtering pelaporan melalui nama salesman. Nama yang dimasukkan pada kolom ini harus sama persis dengan nama pada data karyawan/anda akan kehilangan link antara keduanya.
·  Salesperson Card ID, digunakan sebagai subtitusi field Salesperson.
Untuk membantu pengendalian piutang beberapa field dibawah ini bisa anda gunakan:
· Term - Payment is Due, tipe perhitungan jatuh tempo, gunakan ‘2’ untuk menggunakan tipe jumlah hari jatuh tempo dari tanggal penjualan.
· Balance Due Days, jumlah hari yang diberikan kepada pelanggan untuk pembayaran piutang.
·    Credit Limit, memberikan nilai tertinggi saldo piutang yang diberikan kepada pelanggan. Pada saat pencatatan transaksi anda akan mendapat peringatan ketika saldo piutang pelanggan tersebut melebihi nilai Credit Limit.

Field lain yang diperlukan :
· Currency Code, bila anda menggunakan fitur multi currency, maka anda perlu mengisi kolom ini dengan kode mata uang pelanggan, bila kolom ini tidak disertakan, MYOB secara otomatis akan menggunakan kode mata uang lokal. PERHATIAN !!!, bila pelanggan yang sama menggunakan dua mata uang yang berbeda, anda harus membuat dua data untuk pelanggan yang sama dengan pembedaan pada kode mata uang.
·  Tax Code, masukkan kode pajak yang dikenakan kepada pelanggan
Volume Discount %, nilai pada kolom/field ini akan secara otomatis muncul sebagai potongan/discount harga pada saat penjualan.Sales/Purchase Layout, dengan menggunakan huruf ‘I’ pada kolom ini anda akan memperoleh layout invoice penjualan Item / Barang, pada saat memilih nama pelanggan pada proses pencatatan penjualan atau pilih huruf ‘S’ untuk penjualan jasa.

Daftar Supplier
Data Suppler/Vendor mempunyai  struktur data yang hampir sama, antara lain dapat terdiri dari :
>    Card ID
>    Co./Last Name
>    Addr 1 – Line 1,2,3,4
>    City, State, Phone #1, Postcode, dll
>    Custom List 1 – 3
>    Identifiers
>    Term - Payment is Due 
>    Balance Due Days
>    Credit Limit
>    Currency Code
>    Tax Code
>    Volume Discount %
>    Purchase Layout


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar